-

Rabu, 18 Juli 2007

Hilton (pemilik Hotel Hilton International)

Berikut ini merupakan kisah dibalik kesuksesan Hilton pemilik dari jaringan hotel Hilton International.

Hilton merupakan pengusaha cukup terkenal di bidang perhotelan. Hilton semula merupakan anak dari sebuah keluarga imigran Norwegia yang hijrah ke Amerika Serikat akibat krisis ekonomi yang melanda negaranya. Untuk bertahan hidup, keluarganya kemudian membuka usaha di San Antonio dengan membuka toko kelontong sederhana. Usaha keluarganya maju pesat. Dari hasil usahanya ini, ia bersama keluarganya bisa menikmati liburan di Chicago dan menginap di sebuah hotel.

Sayang, keadaan tersebut tak berlangsung lama sebab pada 1907 krisis ekonomi melanda Amerika Serikat. Usaha keluarga Hilton pun terkena imbasnya. Usaha keluarganya bangkrut. Sebagai anak sulung, Hilton tentu tidak tinggal diam. Ia dan keluarganya berusaha mencari cara bagaimana menyelamatkan usaha keluarganya dari kebangkrutan. Ia teringat pengalamannya menginap di sebuah hotel di Chicago. Hilton mengusulkan kepada keluarganya agar rumah mereka disulap menjadi penginapan sederhana. Yang menjadi pekerjanya adalah mereka sekeluarga. Keluarganya menyetujui usul Hilton. Maka, berdirilah Penginapan Hilton. Ini merupakan tempat penginapan yang pertama kali berada di San Antonio.

Bisnis hotel yang dijalankan keluarga Hilton maju pesat, bahkan terkenal seantero jagat. Siapa pun, termasuk Hilton dan keluarganya, tidak menyangka kalau penginapan yang dibangun secara sederhana itu bakal menjelma menjadi sebuah jaringan bisnis perhotelan internasional yang sangat termasyhur.

Tidak ada komentar:

Arsip Renungan

Artikel Renungan favorit pembaca