Rabu, 25 Januari 2012

Insomnia

Mazmur 127:2
Sia-sialah kamu bangun pagi-pagi dan duduk-duduk sampai jauh malam, dan makan roti yang diperoleh dengan susah payah--sebab Ia memberikannya kepada yang dicintai-Nya pada waktu tidur.

Bacaan Alkitab Setahun : Mazmur 20; Matius 20; Kejadian 39-40

Menurut pakar kesehatan Kristen, Don Colbert, M.D., salah satu rahasia hidup sehat dalam Alkitab adalah tidur. Tidur nyenyak yang cukup (tujuh sampai sembilan jam sehari) akan memulihkan tubuh, meningkatkan sistem kekebalan dan mengembangkan fungsi otak. Sebaliknya kurang tidur akan memicu hormon kortisol yang membuat orang gampang stress, depresi dan gelisah. Tidak heran, di tengah-tengah rasa frustasi Elia ketika dikejar oleh Izebel, Tuhan pertama-tama memberikannya kesempatan untuk "berbaring dan tidur" (I Raja-Raja 19:5) sebelum menyuruhnya berjalan ke Gunung Allah.

Tapi di tengah-tengah kompetisi dunia kerja yang kian mengila, Anda mungkin beranggapan bahwa tidur nyenyak sudah menjadi barang mewah yang sulit didapat. Insomnia (penyakit sulit tidur) terbukti kerap menyerang mereka yang jadwal kerja hariannya terpapar stress tingkat tinggi. Ini akan menjadi awal lingkaran setan di mana stress menyebabkan insomnia dan insomnia menyebabkan stress menjadi lebih akut sehingga akhirnya berujung pada penyakit fisik dan mental (tekanan jiwa, diabetes, tekanan darah tinggi, dll).

Rahasia tidur nyenyak sebetulnya sederhana. Bukan obat tidur, bukan aromaterapi atau hipnoterapi, tapi penyerahan diri total kepada Tuhan. Di tengah-tengah kekalutan dan bahaya yang mengancam, Daud bisa berkata, "Dengan tenteram aku mau membaringkan diri, lalu tidur, sebab hanya Engkaulah, ya Tuhan, yang membiarkan aku diam dengan aman" (Mazmur 4:9). Anda juga bisa meniru Daud.

Tinggallah di dalam TUHAN, di sana ada kedamaian.

Tidak ada komentar:

Arsip Renungan

Artikel Renungan favorit pembaca