Selasa, 07 April 2009

ANDAI BISA MEMILIH

Kondisi bangsa kita tampaknya jauh dari membanggakan. Korupsi, pertikaian antara kelompok satu dengan kelompok lain, belum lagi bencana alam yang seolah-olah tidak ada habisnya. Namun, betapa pun buruknya negeri kita, yang pasti Tuhan telah menetapkan kita lahir sebagai bangsa Indonesia.

Bangsa Israel pada masa Yeremia juga menghadapi masa sulit. Mereka hidup di negeri asing. Melalui Yeremia, Tuhan berbicara bahwa mereka berada di negeri Babel adalah bagian dari rencana Tuhan. Karena itu, baiklah mereka tetap mengusahakan dan berdoa bagi kesejahteraan kota tempat mereka dibuang (Yeremia 29:7). Tuhan punya rencana yang indah, bahkan di tengah kemelut politik dan ekonomi yang begitu menekan. Tuhan tidak ingin orang Israel berpangku tangan,
meratapi nasib mereka. Tuhan ingin mereka bekerja dan menjadi berkat di Babel.

Demikian juga dengan kita. Ada alasan mengapa Tuhan menempatkan kita di Indonesia. Tuhan tidak ingin kita hanya mengeluh dan mengkritik, tetapi tak bekerja bagi kesejahteraan bangsa kita. Yeremia 29:11 mengatakan bahwa rencana Tuhan adalah rencana damai sejahtera. Tuhan menempatkan kita di Indonesia untuk membawa damai sejahtera bagi bangsa ini.

Tuhan mengutus Yeremia ke Babel karena Tuhan punya misi khusus bagi Yeremia. Kita pun demikian. Kita tak bisa memilih kapan dan di mana kita dilahirkan, tetapi kita bisa memilih bagaimana akan bersikap. Akankah kita terus mengeluh, atau bangkit dan bekerja sama dengan Tuhan mewujudkan rencana damai sejahtera bagi Indonesia? Pilihan di tangan Anda.

AKU BERTANYA MENGAPA TUHAN DIAM MELIHAT BANGSA INI, TUHAN MENJAWAB, "AKU TIDAK DIAM. AKU MENCIPTAKANMU."

Pssstttt jangan lupa tanggal 9 April.... nyoblos, eh salah contreng. ^^


Sumber: Renungan Harian
Penulis: Grace Suryani

1 komentar:

dina mengatakan...

renungan hariannya kynya gw bgt soalnya apa yang dialami yeremia dan bangsa israel pd wkt itu sama kayanya ama yg sdg gw alami skrg, tempat gw krj sekarang ternyata byk masalah bgt sebenarnya gw heran knp Tuhan mengizinkan masalah sll ada dan knp Tuhan mengutus gw ke tempat yang bnyk masalahnya tapi gw tetap berusaha selalu berserah kepada Tuhan Yesus krn gw yakin n percaya apapun yg terjadi dlm hidup gw itu adalah berkat yg Tuhan Yesus berikan mungkin Tuhan Yesus mengutus gw untuk untuk jd berkat ditempat krj gw dan untuk meminimalisasi masalah yg ada dan tentu saja dengan pertolongan Tuhan Yesus karena Tuhan Yesuslah yang terbaik dalam kehidupan manusia.

Arsip Renungan

Artikel Renungan favorit pembaca