-

Kamis, 16 Agustus 2007

Daya Tahan

Daya Tahan

Yakobus 1 : 12 - 18

Ada suatu jenis binatang yang mempunyai daya tahan tubuh yang prima, yaitu tikus kangguru yang hidup di hutan Amerika Selatan. Binatang ini bisa hidup tanpa minum. Ia bisa tinggal di tempat yang kering dan di bagian paling panas yang disebut Lembah Kematian. Begitu juga dengan unta. Unta dapat hidup tanpa setetes airpun selama 20 hari, bahkan ada juga yang bisa bertahan sampai 30 hari. Selain itu unta tahan terhadap cuaca panas dan dingin.

Menurut para ahli, rahasianya terletak pada kemampuan unta untuk mengatur suhu tubuhnya. Bila cuaca panas, ia menaikkan suhu tubuhnya beberapa derajat. Bila cuaca dingin, ia menurunkan suhu tubuhnya beberapa derajat.

Unta yang sehat ternyata dapat mengangkat beban 250kg dan menempuh jarak 50 km dalam sehari.

Daya tahan sangat diperlukan untuk katahanan dan kesehatan tubuh. Demikian juga dengan kerohanian, apakah kita memiliki daya tahan yang kuat ketika menghadapi suatu permasalahan? Hanya orang-orang yang di dalam Tuhan saja yang bisa menghadapi segala pencobaan yang datang dalam hidupnya. Pencobaan yang datang dalam hidup kita memang diijinkan Tuhan untuk melihat seberapa besar iman kita kepadaNya. Karena siapa yang bertahan dalam pencobaan akan menerima mahkota kehidupan. Tetapi ingat, jangan menyalahkan Tuhan dalam setiap situasi buruk yang kita hadapi, karena Tuhan tidak pernah mengijinkan pencobaan melebihi kekuatan dan kemampuan kita. Firman Tuhan berkata dalam Matius 11 : 28 bahwa Tuhan akan memberi kelegaan kepada setiap kita yang mau datang membawa segala beban persoalan kita kepada Tuhan.

Daya tahan yang kuat harus kita miliki untuk bisa tetap bertahan dalam segala keadaan. Untuk itu kita memerlukan Firman Allah sebagai unsur penguat rohani kita. Kita butuh penyertaan Tuhan agar dapat mengatasi segala keadaan buruk.

Milikilah daya tahan yang kuat, agar kita tetap tegar dalam segala keadaan.

Tidak ada komentar:

Arsip Renungan

Artikel Renungan favorit pembaca