Minggu, 05 Desember 2010

Bergantung Kepada Bapa Sorgawi

Roma 8:15
Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!"

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 144; Yohanes 21; Zakharia 7-8

Tuhan dipanggil dengan berbagai nama di Alkitab, dan setiap nama menggambarkan sifat Allah. Panggilan favorit yang Yesus gunakan untuk Tuhan adalah Bapa. Yang mengejutkan, nama Tuhan yang satu ini hanya di gunakan sebanyak 15 kali di Perjanjian Lama, namun di Perjanjian Baru digunakan sebanyak 245 kali!

Banyak nama Tuhan menunjukkan kebesaran-Nya dan atributnya yang sangat berbeda dengan manusia, namun sebutan Bapa sangat intim dengan manusia. Yesus menggunakan nama ini bukan hanya karena Dia adalah Anak Allah, tetapi juga membantu manusia untuk menyadari bahwa Allah Yahweh bukan seorang pribadi yang tidak dapat di dekati dan hanya bisa dilihat dari jauh. Bahkan sebaliknya, Dia adalah Bapa sorgawi yang penuh kasih, yang peduli dengan kita dan ingin dilibatkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Melalui cara hidup-Nya di dunia ini, Yesus Kristus menjadi contoh bagaimana kehidupan penuh kasih dengan Bapa di bangun. Dia bergantung sepenuhnya dengan Bapa, dan membutuhkan arahan, kekuatan dan juga pemenuhan dari Bapa setiap harinya. Yesus juga memiliki ketaatan mutlak kepada Bapa atas setiap perintah-Nya. Kadang Yesus meninggalkan orang banyak yang ingin dilayani oleh-Nya untuk menyendiri dengan Bapa. Keberhasilan Yesus memuridkan para rasul adalah dengan keteladanan hidup-nya yang memiliki hubungan yang kuat dengan Bapa, itu sebabnya dalam Yohanes 14:8, Filipus berkata, “Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami.” – Filipus ingin mengenal Bapa sama seperti Yesus Kristus mengenal-Nya.

Apakah Anda memiliki kerinduan yang sama seperti Filipus? Tuhan ingin memiliki hubungan yang intim dengan Anda seperti Bapa dengan anak, dan Dia memberi Anda hak khusus untuk datang mendekat kepada-Nya. Dia telah memilih Anda sebelum dunia di jadikan, dan Bapa sedang menantikan Anda saat ini. Datanglah kepada-Nya.

Yesus adalah jalan bagi Anda untuk mengenal Bapa sorgawi. Jika Anda menolak Dia, maka Anda menolak Bapa.

Renungan terkait
* Pasti bisa
* Pengharapan pasti didalam Tuhan
* Kunci mujizat
* Jangan berhenti berdoa
* Titik balik


Tidak ada komentar:

Arsip Renungan

Artikel Renungan favorit pembaca