-

Kamis, 27 Agustus 2009

Lari! Jangan Diam

Bacaan hari ini: Kejadian 39:1-12
Ayat mas hari ini: Kejadian 39:12
Bacaan Alkitab Setahun: 1Tawarikh 17-19

Suatu kali ada seorang pemuda yang bertanya demikian, “Apa yang harus saya lakukan jika suatu hari saya jalan-jalan di pantai lalu melihat seorang wanita dengan pakaian ala kadarnya? Kan pada saat itu saya tidak
sengaja melihatnya.” Jawabannya bukan pura-pura tidak melihat, menutup mata, atau mengalihkan pandangan ke arah yang lain, tetapi “LARILAH”. Pergilah dari tempat itu jangan berdiam diri. Mengapa? Karena kita harus menyadari kelemahan kita untuk jatuh dalam dosa.

Apa yang dilakukan oleh Yusuf sangatlah tepat. Ketika godaan datang, ia tidak cuma “pura-pura tidak melihat”, tetapi benar-benar lari ke luar. Padahal saat itu sangatlah mudah bagi Yusuf untuk berbuat dosa sekaligus menutupinya. Pertama, dalam rumah Potifar pada saat itu sepi, tidak ada siapa-siapa. Kedua, Yusuf memiliki kuasa yang sangat besar untuk menutup mulut semua pegawainya agar tak memberitahukan perselingkuhannya kepada Potifar. Yusuf adalah seorang kepala rumah tangga yang mana semua pegawai di rumah itu harus tunduk kepada perintahnya, terlebih jikalau istri potifar terlibat disana. Jadi, secara posisi Yusuf berada di posisi yang aman untuk berbuat dosa. Akan tetapi, Yusuf tak melakukannya, dan ia tidak diam di tempat, tetapi ia lari meninggalkan godaan tersebut.

Dalam hidup ini, jangalah sekali-kali merasa kuat terhadap godaan. Seperti Tuhan Yesus juga pernah mengingatkan, “roh memang penurut tetapi daging lemah” (Matius 26:41). Intinya jangan “bermain-main” dengan godaan, sebab akan ada satu titik di mana kita malah akan terseret. Jangan! Larilah menjauh.
JIKALAU ADA SINGA DI DEPAN JALAN, KENAPA TIDAK MENCARI JALAN LAIN UNTUK MENGHINDARINYA
Rata Penuh
Penulis: Riand Yovindra

2 komentar:

rico mengatakan...

saya ingin tanya bagaimana cara nya
untuk menghindar dari dosa
soal nya saya punya masalah sama dengan cerita ini tetapi bedah nya setiap saya pingin lari ada saja yg membuat saya tidak ingin pergi dari dosa ini tapi saya tau kalo berb ini dosa tapi setiap saya pinggin menghindar susah sekali
tolong berikan solusi ntk saya

Anonim mengatakan...

Dosa itu nikmat, dosa itu kesenangan. Mengapa ada dosa? karena dosa membuat manusia lupa akan semuanya dan terikat dengan daging.

Cerita ini sudah saya baca di Buletin Renungan Harian.

Simpulannya : Dosa itu berpotensi mengikat. Hidup yang sejati adalah saat kita merasa tidak terikat, walau kita memilikinya.

Arsip Renungan

Artikel Renungan favorit pembaca